Photoshop dari masa ke masa



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Tiada Tuhan Selain Allah SWT dan Rosul Muhammad manusia pilihan tiada tanding sebagai utusanNYA...

Imajinasi lebih berharga dari ilmu pasti
Imajiner, pribadi yg memiliki kebiasaan sulit untuk tidur lebih awal, karena banyak ide-ide briliant yang harus dipecahkan. (SO : suka ngebo ato bangun siang adalah seorang pemikir).

Ane ucapin terima kasih sudah berkenan mampir di kolong ane yang berantakan ini gan..
Ente pengen cakep kayak Robbert Pattinson ato Scarlett Johansson, ato poto agan pengen keren kayak M. Shadows yg kulitnya mirip kain batik.. (when you look good, you feel good). kagak perlu ke salon ato tukang tato, cukup poto ente masukin mangkok sotoshop...
Sample 

Ane share ini karena keprihatinan ane melihat kasus-kasus yang muncul di media, publik banyak yg binggung ato kebingungan melihat berita di tipi, tentang foto-foto yang nggak jelas historisnya dan orisinilitasnya. contoh kasus : Foto AS (mantan Ketua KPK), bingung kan asli ato udah dimasukan mangkok sotoshop, yang jelas tu foto hasil akulturasi antara seni design dan politik..  Seorang yang katanya sih pakar Telematika Roy Suryo (tapi kok jadi Menpora//red) aja kesulitan menentukan antara orisinil ato editan apalagi kita kita yang aawam... 
Intinya jangan percaya pada gambar, percaya hanya pada satu : TUHAN YANG MAHA ESA.

Otw ke thread....
Siapa tak kenal Photoshop. Software pengolah gambar ini begitu populer di seluruh dunia. Selain karena kelengkapan fiturnya, aplikasi ini juga terkenal dengan kemampuannya yang bisa membuat berbagai manipulasi foto. Banyak aplikasi deit foto yang ditawarkan sekarang ini, bahkan di ponsel pun sudah menyediakan aplikasi edit foto. Tap menurut ane cuman photoshop yang dewa paling tangguh, belum ada yang nandingin. (jangand diadu ama CorelDRAW, beda fungsi).

Sejarah dirilis

Sebelum baca yg dibawah ane kasih kasih penampakan dulu empunya photoshop... nie gan, melankolis CLOTHES MAKE THE MAN... lebih kliatan seorang Thinker daripada Designer....
 Dirilis pada tahun 1990 tepatnya pada tanggal 19 Februari, Photoshop genap berusia 25 tahun kamis kemarin yang bertepatan dengan perayaan imlek. Sang kreator yaitu John dan Thomas Knoll, saat itu memiliki kesulitan untuk memilih foto yang akan menjadi alat demonstrasi untuk software bikinannya tersebut.

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di University of Michigan, membuat program di Macintosh Plus untuk menampilkan gambar di layar monokrom. Program bernama Display itu menarik perhatian adiknya, John Knoll yang bekerja di perusahaan Industrial Light & Magic.

John menyarankan agar program itu dikembangkan. Thomas kemudian cuti kuliah enam bulan di tahun 1988 dan berkolaborasi dengan John untuk membuat Display menjadi program editing gambar. Tahun itu, Display diubah namanya menjadi Photoshop.

John lalu keliling ke Silicon Valley dan menawarkan Photoshop pada perusahaan teknologi seperti Apple dan Adobe. Adobe tertarik dan membelinya meski pada awalnya, mereka tak berharap banyak. Adobe tak memberi banyak uang untuk menyelesaikan Photoshop.

"Hasil dari semua itu adalah, aku tak pernah menyelesaikan program Ph.D," kata Thomas. Ya,
akibat terlalu sibuk menggarap Photoshop, kuliah S3 Thomas terbengkalai dan disertasinya tidak selesai-selesai. Tapi ia berhasil menciptakan Photoshop hingga siap dijual.

Dengan berbekal alat scanner yang Knoll pinjam dari temannya, kemudian ia memindai salah satu foto kekasihnya bernama Jennifer dan mencetaknya dengan ukuran 4x6 inchi. Dari sanalah ia selalu menggunakan foto kekasihnya tersebut sebagai contoh demonstrasi dari Photoshop.

Foto yang berjudul "Jennifer in Paradise.tif" tesebut menjadi foto pertama yang diolah menggunakan Photoshop. Foto itu diambil pada tahun 1987 saat mereka berlibur ke Bora bora. Alasan Knoll memilih foto tersebut ialah karena menurutnya foto itu cocok dijadikan contoh untuk mendemonstrasikan Photoshop. Selain tampak menyenangkan, banyak hal yang dapat dilakukan dengan foto tersebut dalam segi teknis.


agan mau tau foto apa yang pertama kali masuk ke dalam Photoshop. Nih dia gan fotonya, foto topless pacar si empunya Photoshop sendiri. (agak bb dikit gan)


Photoshop dari mas ke masa

Oke gak usah panjang lebar yuk mari liat evolusi photoshop dari versi 1 sampe sekarang.
Thomas dan John Knoll memulai pengembangan Photoshop di tahun (1987). Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk (World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, (Adobe ImageReady), untuk keperluan tersebut.

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna yaitu :
- RGB Color Model
- Lab Color Model
- CMYK Color Model
- Grayscale
- Binary Image Bitmap
- Duotone

Untuk lebih serius menggarap program, Thomas Knoll mengambil cuti studi 6 bulan dan mengajak saudaranya, John Knoll untuk bekerjasama. Pada 1988, mereka merilis program olah gambar tersebut yang diberi nama ‘ImagePro’ yang kemudian diganti lagi menjadi ‘Photoshop’. Debut awal Photoshop di pasaran terjadi saat Thomas dan John Knoll bersepakat dengan produsen pemindai gambar/scanner Barneyscan untuk menyisipkan program itu dalam paket penjualan pemindai Barneyscan XP.

Tak cukup sampai di situ, John Knoll lalu mencoba mencari peruntungan di kawasan industri terkenal ‘Silicon Valley’. Di sini dia mendemonstrasikan keunggulan program Photoshop kepada Apple Computer Inc dan Adobe. Pihak Adobe pun akhirnya kepincut dan pada bulan September 1988 membeli lisensi program itu.

Spoiler for Photoshop Edisi 1:



Bulan Februari 1990, Adobe secara rasmi melancarkan program Adobe Photoshop versi 1.0 berkapasiti sama dengan sekeping floppy disk ( 1.4 Mb ) yang hanya boleh dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh. Dan, sejak itulah program ini mulai mencatat sejarah hingga menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi. //liat spoilernya gan, ada yg janggal, One Eye, apakah termasuk HIDDEN MASSAGE, konspirasi NEW WORLD ORDER.. WHY?? ah sudahlah bukan itu yg ane bahas...

Spoiler for Photoshop Edisi 2:

Adobe Photoshop 2.0 dikeluarkan pada bulan Jun1991 yang hanya boleh dioperasikan di bawah platform Macintosh. Selanjutnya pada November 1992, dikeluarkan pula versi 2.5 yang bersesuaian untuk platform Windows, IRIX dan Solaris.

Spoiler for Photoshop Edisi 3:

Adobe Photoshop 3.0 dikeluarkan pada September 1994 di mana dalam versi ini mulai diperkenalkan feature ‘Layer’ dan ‘Palette’ dengan tab – tab terpisah.


Spoiler for Photoshop edisi 4:

Adobe Photoshop 4.0 dikeluarkan pada November 1996 di mana dalam versi ini diperkenalkan feature ‘Actions’. Selain itu feature ‘Layer’ lebih disempurnakan.
  

Spoiler for Photoshop Edisi 5:



Adobe Photoshop 5.0 dikeluarkan pada Mei 1998. Dalam versi ini diperkenalkan feature ‘History’. Selain itu diperkenalkan pula tool “Magnetic Lasso” dan “Type”. Bulan Februari 1999 versi 5.5 sekali lagi di keluarkan dan kali ini dilengkapi dengan program tambahan “ImageReady”.



Spoiler for Photoshop Edisi 6:



Adobe Photoshop 6.0 di keluarkan pada September 2000. Dalam versi ini penampilan user interface -nya lebih kemas dan banyak feature seperti “Liquify” dan “Vector Shapes” telah ditambahkan. Pada Mei 2001, Photoshop di-updatekan ke versi 6.0.1



Spoiler for Photoshop Edisi 7:


Adobe Photoshop 7.0 di keluarkan pada Mei 2002. Dalam versi ini tool “Type” lebih disempurnakan dan ditambahkan lagi dengan diperkenalkannya tool “Healing Brush”. Bulan ogos 2002, versi 7.0.1 pula di keluarkan dengan menyertakan plug – in “Camera RAW” 1.x. 

(versi yang ini pertama kali ane kenal yang namanya photoshop)

Spoiler for Photoshop Edisi 8:

Adobe Photoshop CS (8.0) dikeluarkan pada Oktober 2003. Dalam versi ini plug-in ‘Camera RAW’ di-update ke versi 2.x. Tool ‘Slice’ lebih disempurnakan. Fungsi ‘Shadow \ Highlight’ dan ‘Match Color’ ditambahkan. Selain itu ada juga filter ‘Lens Blur’ dan ‘Smart Guides’. Pada versi ini logo telah dirubah dan nama produk Photoshop menjadi Adobe Creative Suite ( CS ) dan sejak itu pula penjualan Photoshop telah di bundle dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe GoLive, Adobe Acrobat Professional, Version Cue, Adobe Bridge , Adobe Stock Photos dan Dreamweaver 8.

Spoiler for Photoshop Edisi 9:

Adobe Photoshop CS2 (9.0) dikeluarkan pada April 2005. Dalam versi ini plug-in Camera RAW di-update ke versi 3.x dan ditambah lagi beberapa features seperti: ‘Smart Objects’, ‘Image Warp’, ‘Lens Correction’, ‘Smart Sharpen’, ‘Vanishing Point’, ‘New Spot healing brush’ dan ‘Red-Eye tools’.


Spoiler for Photoshop Edisi 10:

Adobe Photoshop CS3 (10.0) di keluarkan pada April 2007. Dalam versi ini user interface-nya lebih ditingkatkan dan ditambahkan sejumlah feature seperti ‘Smart Filters’, ‘Refine Edge’, ‘Auto bend Layers’, ‘Auto Align Layers’, dan ‘Black and White Conversion’. Logo produk juga diubah menjadi initial ‘ PS ’ saja.

Spoiler for Photoshop Edisi 11:

Adobe Photoshop CS4 (11.0) dikeluarkan pada Oktober 2008. Beberapa feature terbarunya adalah: kemampuan mengolah gambar 3 dimensi, kemampuan menambahkan aksi pada sebuah gambar tanpa mengubah file asli, ditambahkan tool ‘Content Aware Scaling’ yang berfungsi secara automatik menyusun ulang sebuah gambar saat ukuran diubah (resized) serta masih banyak feature yang lain lagi.

Spoiler for Photoshop Edisi 12:

Photoshop CS5 diluncurkan pada tanggal 12 April 2010. Dalam sebuah video yang diposting di halaman resmi Facebook nya, tim pengembangan mengungkapkan teknologi baru dalam pengembangan, termasuk tiga sikat dimensi dan alat warping.Sebuah versi dari Adobe Photoshop CS5 Extended digunakan untuk Beta prerelease (dikenal sebagai "White Rabbit"). Sekelompok besar pengguna Photoshop dipilih diundang untuk pengujian beta pada pertengahan Februari 2010 Saat ini Thomas dan John Knoll bekerja di Adobe. Kalau diperhatikan, nama mereka selalu terpampang saat kita membuka aplikasi software Adobe Photoshop. Sambil terus mengembangkan Photoshop, John masih disibukan dengan profesinya sebagai Visual Effect Supervisor di ILM. Beberapa film science fiction terkenal yang pernah ditangani John antara lain.

Spoiler for Photoshop edisi 13:

Photoshop CS6 dirilis pada bulan Mei 2012 ditambah tool desain baru yang kreatif dan menyediakan interface yang didesain ulang dengan fokus pada peningkatan kinerja. Fitur baru telah ditambahkan ke Content -Aware alat seperti Content Patch dan Content Move. pada Adobe Photoshop CS6 juga tersedia tool untuk mengedit video, pewarnaan dan penyesuaian paparn serta layer, CS6 adalah penyempurnaan Photoshop versi sebelumnya, di mana pengguna hanya menarik garis di mana saja pada gambar , dan kanvas akan reorientasi sendiri sehingga garis yang ditarik menjadi horisontal. Ini dibuat dengan maksud agar pengguna akan menarik garis yang sejajar dalam gamba.

CS6 memungkinkan penghematan background, CS6 juga dilengkapi dengan fitur auto save sehingga mencegah hilangnya file yang belum sempat disimpan

Spoiler for Photoshop edisi 14:

Photoshop edisi 14 Rilis tanggal 18 June 2013 Adobe Photoshop CC 2014 ini memiliki banyak fitur unggulan terbaru, antara lain fokus mask, path blur, spin blur, dan fitur cantik khusus Windows 8.1. Adobe Photoshop ini masih mempertahankan Creative Cloud.




Spoiler for Photoshop edisi 15:


Adobe Photoshop CC2014 rilis tanggal 18 June 2014 photoshop versi ini merupakan Adobe keluaran terbaru yang mempunyai kemiripan sama dengan Adobe CS6 dalam hal tampilan designnya dengan balutan warna abu-abu tua dan penempatan tombol-tombolnya juga masih sama seperti versi sebelumnya.

Dalam aplikasi berbasis Adobe Photoshop CC ini telah memiliki kelebihan tersendiri yaitu mampu dan ampuh bagi para fotografer dan ahli desain karena Adobe Photoshop CC 14.0 ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur baru yang tidak ada di versi-versi sebelumnya.
Menurut kutipan dari IT Proportal (20/07), ”terdapat beberapa fitur baru yang dibawa oleh Creative Cloud ini salah satunya adalah fitur yang mungkin akan sangat berguna untuk membantu para fotografer dalam mengedit sebuah foto menjadi lebih baik.”


Bonus for Dewa Photoshop (Ilusi Mata)




Spoiler Bonus dari ane gan, moga nggak klilipan abis liat..
foto ane ma sodara ane tapi beda bapak beda ibu
 foto aslinya

Hasilnya


,Share,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar